Unsur Intrinsik Cerpen – Bagi kalian yang gemar membaca cerita, pasti tidak akan asing lagi dengan cerpen. Cerpen adalah kependekan dari cerita pendek. Seperti namanya, cerita ini mempunyai jalan cerita yang singkat yaitu sekitar 10.000 kata saja. Cerita pendek mempunyai gaya cerita yang simpel dengan satu tokoh satu masalah dan satu penyelesaian, sehingga cocok untuk kalian yang ingin melatih kegemaran membaca. Untuk kamu yang ingin tahu, berikut adalah unsur intrinsik cerpen,

Mengetahui Unsur Intrinsik Cerpen

unsur intrinsik cerpen

  1. Tema

Hal terpenting di dalam cerpen adalah pemilihan tema. Dari tema, dengan mudah penulis cerpen akan menentukan judul dan alur cerita yang akan dituliskan. Tema dalam cerpen tidak memiliki perbedaan dengan cerita-cerita lainnya. Ada tema keluarga, cinta, petualangan dan masih banyak lagi lainnya.

  1. Tokoh Dan Sudut Pandang

Sebelum menentukan alur cerita, penulis cerpen akan menentukan tokoh-tokoh yang akan menjadi pemeran di cerita pendeknya. Mulai dari tokoh antagonis, protagonis dan tokoh tambahan, harus di tentukan terlebih dulu sebelum membentuk alur cerita. Yang tak kalah pentingnya adalah menentukan sudut pandang mana yang harus diambil penulis. Sudut pandang ada 3, yaitu sudut pandang orang pertama, orang kedua dan orang ketiga.

  1. Alur Cerita

Seperti yang dikatakan, setelah penokohan dan penentuan sudut pandang, barulah penulis bisa menentukan alur ceritanya. Alur cerita ada beberapa jenis, yaitu alur maju, alur mundur dan alur maju mundur. Biasanya, alur cerita yang dimiliki oleh cerita pendek adalah alur maju atau alur mundur. Jika pun ada alur maju mundur, keduanya masih memiliki satu permasalahan yang cepat terselesaikan.

  1. Amanat

Semua cerita yang terbentuk, pastinya memiliki amanat atau pesan di dalamnya. Tak terkecuali cerpen, meski memiliki cerita yang singkat, cerpen juga memiliki amanat. Amanat adalah unsur intrinsik yang penting untuk menghadirkan cerpen yang berkualitas dan mendidik. Mulai dari amanat nasionalisme, patriotik, budi pekerti dan nilai kehidupan sehari-hari.

Itulah beberapa informasi unsur instrinsik cerpen yang perlu kita ketahui. Selain keempat unsur tersebut, ada juga unsur latar tempat, latar suasana dan latar waktu yang bisa kita temui. Menentukan latar ini tidak membutuhkan perencanaan awal seperti keempat unsur di atas. Karena bisa ditentukan bersamaan dengan pembentukan alur cerita. Setelah mengetahui unsur intrinsik cerpen, coba cek unsur instrinsik dari puisi guru dan lakukan pengamatan dengan benar.