IELTS Essay – Kebanyakan orang yang mengerjakan Tugas Penulisan IELTS 2 merasa stres tentang topik esai IELTS yang akan mereka hadapi. Mereka khawatir mendapatkan topik yang asing dan tidak memiliki ide bagus atau kosa kata yang cukup untuk menyelesaikan tugas.

Artikel ini akan membantu Anda dengan memberi Anda topik esai IELTS yang paling umum dan menunjukkan kepada Anda cara menggunakannya untuk mendapatkan skor yang lebih tinggi.
Mengapa penting untuk mengetahui topik esai IELTS?

Jika Anda terbiasa dengan topik yang paling umum, Anda akan memiliki keuntungan besar karena Anda akan lebih baik dalam dua hal yang paling penting:

Memikirkan ide-ide yang relevan
Kosa kata

Ide generasi

Dari semua hal yang dikhawatirkan orang ketika melakukan Tugas 2, tidak memiliki cukup ide untuk menyelesaikan esai biasanya berada di urutan teratas. Namun, Anda harus ingat bahwa IELTS bukan ujian untuk pengetahuan Anda, tetapi tes untuk bahasa Inggris Anda. Para penguji tidak mengharapkan Anda untuk menjadi ahli dalam topik esai, mereka hanya ingin Anda menunjukkan bahwa Anda dapat menulis dengan jelas dan persuasif dalam bahasa Inggris.

Anda juga harus menyadari bahwa IELTS adalah ujian global dan ketika para penulis ujian membuat pertanyaan, perhatian utama mereka adalah menulis pertanyaan yang dapat dipahami oleh hampir semua orang di dunia. Misalnya, topik esai IELTS yang umum adalah pendidikan, kejahatan dan kesehatan. Setiap orang di dunia memiliki pendapat tentang topik sehari-hari ini dan Anda perlu memahami bahwa penguji tidak mencari ide ‘terbaik’, mereka hanya mencari ide yang relevan.

Mari kita lihat contoh pertanyaan tentang topik bantuan internasional:

Negara-negara kaya harus membantu negara-negara miskin ketika mereka menderita bencana alam. Apa kamu setuju?

Anda tidak harus memikirkan ide ‘terbaik’, Anda hanya perlu memikirkan dua ide yang relevan dengan pertanyaan ini. Alasan mengapa negara kaya harus membantu adalah:

Ini adalah hal yang benar secara moral untuk dilakukan.
Mereka memiliki kewajiban hukum berdasarkan hukum internasional.
Tidak membantu akan menghasilkan banyak kematian dan penderitaan.
Mereka punya lebih dari cukup uang untuk melakukan ini.
Adalah kepentingan mereka untuk melakukannya demi perdamaian dan keamanan dunia.
Beberapa orang mereka sendiri mungkin terlibat dalam bencana.
Setiap negara kaya memiliki dana untuk bantuan bencana sesuai anggaran mereka.
Mereka mungkin menderita bencana suatu hari juga dan membutuhkan bantuan dari komunitas internasional.

Anda jelas tidak perlu memikirkan banyak ide ini dan beberapa ide lebih baik daripada yang lain, tetapi poin yang saya coba buat adalah bahwa ada banyak ide ‘relevan’ yang dapat Anda pikirkan.

Meskipun demikian, Anda jelas akan lebih percaya diri dan dapat memikirkan ide dengan lebih cepat jika Anda terbiasa dengan topik umum. Di bawah ini saya akan menunjukkan kepada Anda bagaimana Anda dapat menggunakan topik esai IELTS umum untuk belajar tentang topik umum dan meningkatkan bahasa Inggris Anda secara bersamaan.
Kosa kata

25% dari nilai Anda berasal dari kosa kata dan ini terkait langsung dengan topik esai IELTS. Salah satu cara utama pemeriksa akan menilai kosakata Anda adalah sesuatu yang disebut ‘topik khusus kosakata’. Idenya adalah bahwa seseorang dengan kosakata yang luas harus dapat berbicara tentang topik esai umum dengan mudah menggunakan kata-kata yang spesifik untuk topik itu.

Misalnya, jika pertanyaannya sama dengan di atas, Anda diharapkan menggunakan kata-kata seperti ‘bantuan internasional’, ‘kaya’, ‘maju’, ‘berkembang’, ‘gempa bumi’, ‘badai’, ‘dana bantuan’, ‘kewajiban’, ‘moral’ dll. Ini adalah kata-kata yang Anda gunakan secara khusus untuk berbicara tentang topik esai. Anda tidak harus menggunakan kata-kata ini, tetapi mereka akan membantu.

Oleh karena itu, semakin Anda terbiasa dengan topik tersebut, semakin banyak kosakata topik spesifik yang akan Anda ketahui dan semakin tinggi skor Anda. Mengetahui topik esai IELTS yang paling umum memungkinkan Anda untuk fokus pada kosa kata yang paling penting. Di bawah ini saya akan menunjukkan kepada Anda topik paling umum dan beberapa kata yang lebih penting yang harus Anda ketahui.
Apakah topik esai IELTS dapat diprediksi?

Iya dan tidak. Anda jelas tidak akan dapat memprediksi topik yang tepat yang akan muncul. Ada terlalu banyak untuk melakukan ini dan itu akan menjadi ujian yang sangat mudah jika Anda tahu apa topik yang sebenarnya akan terjadi.

Namun, ada antara 10 topik umum yang muncul lebih dari yang lain. Anda harus fokus pada hal ini terlebih dahulu, terutama jika Anda tidak punya banyak waktu sebelum ujian.

Topik esai IELTS yang paling umum adalah:

Kesehatan
Lingkungan Hidup
pendidikan
Pengembangan Internasional
Globalisasi
Transportasi umum
Peradilan pidana
Kejahatan remaja
Teknologi
Pengeluaran pemerintah
Budaya tradisional

Saya pikir teknologi, kesehatan, pendidikan, dan lingkungan adalah topik paling penting dan akan ditampilkan secara teratur di masa depan.

Untuk informasi lebih lanjut tentang topik paling umum, silakan kunjungi halaman topik paling umum saya.
Bagaimana saya bisa menggunakan topik yang paling umum?

Ada dua cara utama Anda dapat menggunakan topik esai IELTS yang paling umum untuk keuntungan Anda. Yang pertama adalah membiasakan diri dengan mereka saat berlatih dan meningkatkan bahasa Inggris Anda dan yang kedua adalah untuk fokus pada kosa kata spesifik topik.
Sosialisasi Topik Umum

Jika Anda akan berhasil dalam tes IELTS, Anda harus menggunakan dan mengekspos diri Anda ke Bahasa Inggris setiap hari. Anda harus membaca, mendengarkan, menulis, dan berbicara dalam bahasa Inggris sebanyak mungkin. Karena itu Anda dapat memastikan bahwa jika Anda mendengarkan atau membaca sesuatu dalam bahasa Inggris, Anda melakukannya dalam topik umum. Misalnya, Anda dapat mendengarkan podcast tentang teknologi suatu hari dan kemudian membaca laporan surat kabar tentang pendidikan atau kesehatan pada hari berikutnya. Sebagian besar pertanyaan ada di topik saat ini, oleh karena itu tetap up to date dengan apa yang terjadi di dunia akan sangat membantu Anda memikirkan ide.

Misalnya, tiga berita terbesar tahun 2015 adalah krisis pengungsi, terorisme, dan masalah privasi internet. Topik-topik ini, secara mengejutkan, sudah muncul di kertas tulis IELTS tahun ini.

Silakan periksa 25 alat pembelajaran bahasa online saya untuk banyak cara Anda dapat belajar dalam topik umum di rumah secara gratis.

Jika Anda benar-benar ingin maju, Anda juga bisa mencoba membuat pertanyaan sendiri berdasarkan berita hari itu dan kemudian memberikan pertanyaan ini kepada mitra studi. Ini adalah sesuatu yang saya lakukan dengan kelas saya. Mereka pergi ke situs berita populer seperti BBC dan menulis pertanyaan Tugas 2 berdasarkan pada salah satu cerita yang mereka baca dan kemudian mereka berikan kepada teman sekelas yang mengerjakan esai untuk pekerjaan rumah.
Kosakata- Notebook

Ada dua hal yang dapat Anda lakukan di sini: mulai buku catatan kosakata dan fokus pada kosa kata kunci spesifik topik.

Seperti disebutkan di atas, Anda harus mendengarkan dan membaca bahasa Inggris sebanyak mungkin sebelum ujian Anda. Ini tidak hanya akan meningkatkan keterampilan mendengarkan dan membaca Anda, tetapi akan, yang lebih penting, memperluas kosa kata Anda.

Saat Anda membaca atau mendengarkan, Anda akan selalu melihat kata-kata yang tidak Anda ketahui. Sebagian besar siswa langsung mencari di kamus dan kemudian melupakannya. Saya pikir ini adalah buang-buang waktu karena kata-kata itu tidak ada di kepala Anda dan Anda tidak akan pernah menggunakannya lagi. Hal yang lebih baik untuk dilakukan adalah memulai buku catatan kosakata. Ini adalah satu-satunya cara paling efektif untuk meningkatkan kosakata Anda. Ikuti langkah-langkah di bawah ini:

Beli buku catatan yang hanya akan Anda gunakan untuk kosa kata.
Saat Anda melihat atau mendengar kata baru, coba tebak makna dari konteks kalimat atau paragraf. Langkah ini sangat penting karena merupakan keterampilan penting untuk dikembangkan dan akan membantu Anda mengingat kata-kata.
Periksa artinya setelah Anda menebaknya di kamus.
Catat kata baru dan definisi dalam buku catatan kosakata Anda.
Catat beberapa hal berikut di samping kata baru:
Sinonim
Antonim
Pengucapan
Bentuk kata
Kalimat
Foto-foto
Contohnya
Tinjau daftar kata dan ujilah diri Anda dengan kata-kata ini setelah satu minggu, dua minggu, satu bulan, dan dua bulan. Anda akan segera memperluas kosakata Anda secara dramatis.

Anda juga dapat melakukan ini menggunakan aplikasi seperti Memrise untuk merekam dan meninjau kosa kata.
Kosakata- Topik Kata Khusus

Seperti disebutkan di atas, salah satu cara penguji menilai kosa kata Anda adalah berapa banyak kata spesifik topik yang Anda gunakan. Mempelajari kata-kata ini sebelum ujian untuk topik esai yang paling umum akan membantu Anda mendapatkan skor kosa kata yang lebih tinggi.

Namun, salah satu hal terburuk yang dapat Anda lakukan adalah mempelajari daftar kata-kata dan memasukkannya ke dalam esai Anda. Ini bukan cara kerja kosa kata yang baik dan para penguji dilatih untuk menemukan ini. Fokus Anda harus selalu pada ketepatan yaitu menggunakan kata-kata dengan benar. Karena itu saya menyarankan siswa saya untuk menggunakan aturan 100%.
Aturan 100%

Anda tidak boleh menggunakan kata atau frasa apa pun dalam esai IELTS jika Anda tidak 100% yakin tentang hal itu. Dengan 100% saya maksudkan bahwa Anda yakin tentang hal itu:

Berarti
Kolokasi
Sinonim
Antonim
Tatabahasa

Jika Anda tidak 100% yakin tentang hal-hal di atas, maka jangan menggunakannya. Jika Anda melakukannya, Anda mungkin akan salah dan ini akan menurunkan skor band Anda.