Menyematkan sebuah nama pada buah hati tercinta pastinya tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Apalagi banyak orang tua yang ingin memberikan nama bayi laki laki Jawa pada buah hatinya. Namun memberikan nama tersebut memang bukanlah perkara yang mudah. Tenang saja, berikut ini akan dijelaskan beberapa tips menemukan nama yang cocok.

  1. Perhatikan Nama Belakangnya

Tips pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan memperhatikan nama belakangnya terlebih dulu. Soalnya ada beberapa orang tua yang ingin menyematkan nama mereka di belakang nama si buah hati. Terutama untuk si ayah yang biasanya ingin memberikan jati diri atau silsilah keluarga dengan memberikan nama belakang pada si kecil.

Tentunya hal ini tidak akan menjadi masalah apabila nama belakang tersebut tidak terlalu bertentangan apabila dikombinasikan dengan nama Jawa. Menjadi masalah apabila nama dari orang tua terutama ayah ternyata terkesan kebarat-baratan. Soalnya nanti pasti akan menjadi kombinasi yang kurang cocok bagi si kecil.

  1. Mudah Dieja

Tidak bisa dipungkiri bahwa ada beberapa nama Jawa yang terasa sulit untuk diucapkan. Terutama untuk nama Jawa yang tergolong kuno dan juga memiliki kombinasi yang panjang. Meskipun terkadang, memiliki arti yang bagus tapi apabila nama tersebut sulit untuk dieja oleh orang lain pastinya akan menjadi sebuah kesulitan tersendiri di masa mendatang.

  1. Arti yang Tidak Terlalu Berat

Tips menemukan nama bayi laki-laki Jawa berikutnya adalah dengan tidak memberikan nama dengan arti yang terlalu berat. Satu kesalahan yang seringkali dilakukan banyak orang tua selama ini adalah memberikan nama dengan arti atau makna yang terlalu berat. Walau tidak bisa dipungkiri juga biasanya hal ini dilakukan dengan niat untuk kebaikan si buah hati.

Namun ada beberapa bayi yang kemudian jatuh sakit dan dipercayai karena menyandang dengan arti yang terlalu berat. Tidak bisa dipungkiri, kepercayaan yang satu ini memang kuat sekali di daerah Jawa. Tidak heran apabila kemudian apabila Anda ingin mencari nama maka sebaiknya carilah nama Jawa dengan arti yang tidak terlalu berat supaya tidak memberatkan si buah hati.

  1. Pilih Nama yang Tidak Terlalu Panjang

Tidak bisa dipungkiri pada beberapa kombinasi nama Jawa seringkali panjang dan juga rumit. Soalnya beberapa nama tersebut memang tidak bisa dipisahkan untuk bisa mendapatkan artinya secara utuh. Namun sebaiknya Anda menghindari nama yang terlalu panjang tersebut karena akan menyulitkan nantinya.

  1. Pastikan Anda Tahu Artinya

Memang benar bahwa nama khas Jawa seringkali terdengar unik dan keren untuk diberikan pada buah hati. Namun pastikan bahwa Anda persis tahu dari nama tersebut sebelum menggunakannya. Tentu tidak lucu apabila nama yang terdengar bagus dan unik tapi ternyata memiliki arti yang tidak baik.

Jadi bagi Anda yang sedang mencari nama yang cocok untuk si buah hati, beberapa tips mencari nama bayi laki-laki Jawa di atas bisa dijadikan pertimbangan. Terutama supaya Anda tidak salah pilih nantinya karena nama pada bayi tentu juga bagian dari doa orang tua.