Arduino merupakan microcontroler yang menggunakan chip AVR dan juga ATMEL, dan yang paling sering digunakan adalah keturunan ATMEGA. Arduino merupakan sebuah sistem komputer yang sangat fungsional dalam sebuah chip, dimana didalamnya sudaha da processor, memoory, input output, dan juga bisa dibilang ini merupakan komputer versi mini. Dalam bahasa pemrograman arduino, biasanya menggunakan bahasa C.

Untuk anda yang memiliki sedikit pengalaman mengenai bahasa C dan program arduino, mulai dari struktur, syntax, variabel dan masih banyak lagi.

  1. Struktur

Setiap program arduino, pasti memiliki dua buah fungsi yang harus ada. Yakni void setup, dan void loop. Dimana kedua fungsi tersebut saling berpengaruh dalam strukturnya, sehingga bila salah satu tidak ada maka struktur tidak akan bisa berjalan.

  1. Syntax

Terdapat beberapa elemen bahasa C yang dibutuhkan agar format penulisan bisa berjalan, berikut ini beberapa formatnya. II (untuk komentar satu baris), I* *I (untuk komentar yang memiliki banyak baris), { } (untuk kurung kurawal), ; (titik koma untuk mengakhiri baris)

  1. Variabel

Variabel merupakan program yang menjadi instruksi, dimana instruksinya memiliki peran dalam memindahkan angka dengan cara yang cerdas.

  1. Operator matematika

Sebagai operator yang dapat digunakan untuk memanipulasi angka, bisa diartikan bekerja menyerupai matematika sederhana.

  1. Operator pembanding

Arduiono juga bisa digunakan sebagai alat untuk membandingkan nilai logika, dengan beberapa rumus-rumus tertentu.

  1. Struktur pengaturan

Program arduino sangat tergantung dengan pengaturan apa yang akan dijalankan selanjutnya, anda bisa menemukan elemen dasar pengaturan dari internet dan sumber-sumber terpercaya.

  1. Digital

Dalam penerapan digital, anda perlu menuliskan rumus-rumus meliputi. Pinmode (untuk menetapkan mode sari suatu pin), digitalwrite (sebagai output ketika pin sudah ditetapkan), digitalread (untuk mendapatkan nilai pin apakah high atau low setelah pin ditetapkan)

  1. Analog

Arduino merupakan mesin digital, akan tetapi juga memiliki kemampuan dalam beroperasi dalam analog.

Setelah anda mengetahui fitur-fitur yang tersedia pada aurdino, tentu anda akan semakin mengerti bahasa pemrograman apa yang sesuai dengan aurdino ini. Semoga artikel diatas bisa membantu anda dan menjadi panduan anda.