Pada analisis demikian waktu itu membahas mengenai beberapa type alat musik tradisionil dari Jawa Barat, dan untuk analisis kesempatan kali ini membahas mengenai beberapa alat musik tradisionil dari Jawa Tengah. Jawa Tengah ialah satu di antara Provinsi di pulau Jawa yang memiliki pusat ibu kota di Semarang. Bermacam budaya ciri khas Jawa Tengah sampai saat ini masih tetap dilestarikan agar tidak tergerus dengan pergantian jaman.

Alat Musik Tradisional Jawa Tengah

Gambar Alat Musik Tradisional Jawa Tengah

Terdapat beberapa alat musik tradisionil dari Jawa Tengah yang sampai saat ini masih dimainkan dan dilestarikan. Kesenian akan budaya tradisionil memang sudah seharusnya dilestarikan didalam pergantian teknologi yang semakin maju. Di bawah ini terdapat beberapa alat musik tradisionil Jawa Tengah yang dapat Kamu ketahui.

Alat Musik Tradisionil Jawa Tengah Sangat Populer

Kendang

Kendang atau kadang juga disebut gendang merupakan satu di antara banyaknya alat musik tradisionil Jawa Tengah yang memainkannya dengan cara atau langkah dengan memukulnya menggunakan telapak tangan. Kendang atau gendang ini bisa terbuat dari kayu nangka, kayu kelapa, atau dibuat dari kayu cempedak. Tengah untuk kulit biasanya dibuat dari kulit kerbau atau kulit kambing. Fungsi dari alat musik kendang atau gendang ini adalah sebagai pengatur irama dan tempo pada suatu gamelan.

Bonang

Alat musik tradisionil Jawa Tengah yang selanjutnya adalah alat musik tradisional Bonang. Bonang ialah alat musik tradisionil yang langkah mainkannya dengan cara dipukul dengan menggunakan pemukul istimewa untuk boning. Alat musik ini terbuat memiliki bahan besi, kuningan, dan perunggu. Bonang dibedakan menjadi dua yakni bonang barung serta bonang penerus. Untuk bonang barung sendiri memiliki ukuran makin besar dengan oktaf tengah sampai tnggi.

Gong

Tidak lengkap jika tidak masukkan gong. Alat musik tradisionil Jawa Tengah ini terbuat dari tembaga dan timah yang dimainkan dengan cara dipukul. Di dalam gamelan gang lakukan tindakan cukuplah utama agar terwujudnya gabungan alat musik untuk temani tembang yang dimainkan.

Siter

Alat musik tradisionil Jawa Tengah setelah itu yakni Siter. Siter dimainkan dengan cara diambil ada string menjadi sumber bunyi alat musik ini. Siter dibagi menjadi tiga sebagai berikut yang pertama ada siter, kedua merupakan siter penerus yang memiliki ukuran lebih kecil dari siter, dan terakhir serta clempung yang memiliki ukuran jauh lebih besar dari siter.

Gambang

Kemudian yakni gambang menjadi alat musik tradisionil yang dimainkan dengan cara dipukul dengan pemukul istimewa untuk gambang. Gambang merupakan alat musik yang terbuat dari 20 bilah kayu yang disusun secara rapi dan berdasarkan urutan nadanya. Gambang ini biasanya dimainkan pada sebuah acara karawitan didampingi dengan alat musik gamelan lainnya.

Saron

Nama lainnya dari alat musik tradisionil Jawa Tengah ini yakni ricik. Ini ialah instrumen gamelan yang masuk dalam keluarga balungan. Alat musik ini dimainkan dengan cara dipukul. Saron terbuat memiliki bahan logam tengah alat pukulnya terbuat memiliki bahan kayu. Untuk memainkan alat musik ini kita harus menggunakan tangan kanan untuk memukul wilahan dan menggunakan tangan kiri untuk menekan wilahan yang telah dipukul. Teknik itu disebut dengan memathet.

Kenong

Kenong ialah alat musik tradisionil Jawa Tengah yang memiliki faedah menjadi penentu batas gatra serta untuk menyatakan irama. Alat musik ini dimainkan dengan cara dipukul. Bentuk kenong hampir sama dengan bonang tapi memiliki ukuran yang makin besar. Untuk memukul kenong, biasanya menggunakan alat pemukul berupa kayu yang dililit menggunakan kain. Pada sebuah set kenong biasanya terdiri dari 10 buah.

Slenthem

Alat musik tradisionil ini terbuat dari beberapa logam tipis yang disusun rapi menggunakan tali di atas sebuah tabung. Cara memainkan alat musik ini adalah dengan cara dipukul dan nada yang dihasilkan adalah dengungan rendah bernada balungan, ricik, dan saron.

Suling

Suling ialah alat musik ciri khas Jawa Tengah dan biasanya satu set dengan gamelan waktu memainkannya. Alat musik ini terbuat dari bambu wuluh yang diberi beberapa lubang untuk pastikan nada. Bagian ujungnya ialah bagian yang di tiup. Bagian itu dari susunan yang dinamakan dengan zamangan. Perihal seperti ini berguna untuk menyalurkan udara sampai dapat mengakibatkan getaran waktu lalu menghasilkan suara atau nada.

Demung

Demung merupakan alat musik tradisional Jawa Tengah yang bentuknya mirip saron tetapi memiliki ukuran jauh lebih besar. Biasanya pada sebuah pertunjukan gamelan terdiri dari minimal 2 set demung, yakni demung laras slendro dan demung laras pelog. Perbedaan pada kedua-duanya ada pada ukuran serta bunyi yang dibuat.