RCTI atau Rajawali Citra Televisi Indonesia merupakan televisi pertama di Indonesia yang kemudian kehadirannya disusul oleh SCTV dan Indosiar. Awal RCTI mengudara adalah pada tanggal 13 November 1988, namun baru diresmikan satu tahun kemudian pada tanggal 24 Agustus 1989.

Awalnya, RCTI hanya sebuah channel berlangganan karena yang bisa menonton RCTI hanya orang-orang yang membayar iuran. Namun kemudian mulai dari tahun 1990, pemerintah mengizinkan bahwa RCTI bisa menjadi sebuah televisi swasta nasional dan memiliki hak siaran bebas sehingga bisa ditonton oleh banyak orang.

Akhirnya, sampai sekarang RCTI memiliki jadwal acara TV yang banyak ditonton dan dijadikan sebagai acara favorit pemirsanya. Pada 2003, RCTI Online telah menjadi bagian dari perusahaan Media Nusantara Citra atau MNC yang juga bersama-sama dengan stasiun TV lain, yaitu Global TV dan MNCTV.

Ada banyak acara unggulan dari RCTI yang digemari oleh para pemirsa televisi, mulai dari sinetron-sinetron fenomenal, acara musik, acara berita dan juga acara olahraga.

Seputar Indonesia merupakan program berita yang paling dinantikan di RCTI karena memang acara berita ini adalah acara berita paling unggulan di RCTI, karena acara berita lainnya adalah acara gosip seperti Silet danGo Spot.

Lewat Seputar Indonesia, kita bisa melihat berbagai macam berita dan peristiwa yang terjadi di seluruh penjuru Indonesia. Dari tahun 1990 sampai dengan tahun 2012 ini, program berita Seputar Indonesia masih menjadi program berita unggulan di antara program serupa di televisi swasta lainnya.

Jika ingin melihat program acara ini, Anda dapat saksikan pada pukul 17.00 WIB – 17.30 WIB, Seputar Indonesia Siang pada pukul 12.00 WIB – 12.30 WIB dan Seputar Indonesia Malampada pukul 23.30 WIB – 00.00 WIB dan 01.0 WIB – 01.30 WIB.