Dalam istilah dasar ada tiga jenis Gitar yang bisa kamu pilih

1. Gitar Akustik (senar baja)

2. Gitar Akustik (senar nilon, atau dikenal sebagai Gitar Spanyol)

3. Gitar Listrik

Gitar Akustik dengan senar baja.

Saat membeli gitar pertamamu, pastikan style bermain yang kamu inginkan. Jika kamu kurang yakin, beli saja gitar dengan senar baja.

Gitar akustik tersedia dalam 2 sytle: a. Senar baja b. senar Nilon. Pilih gitar dengan senar baja kecuali jika kamu ingin belajar gitar klasik atau Spanyol.

Jika kamu kurang yakin, kamu bisa langsung berkonsultasi pihak toko alat musik tentang perbedaan kedua gitar tersebut.

Selanjutnya adalah, berapa biaya yang harus kamu keluarkan untuk gitar perdanamu. Semua itu tentunya tergantung dari budget, tapi kamu bisa mencari gitar dengan harga di kisaran 2 juta-an.

gitar

Gitar dengan kisaran harga tersebut biasanya sudah cukup baik, tapi kamu juga bisa memilih gitar dengan harga lebih murah atau bahkan gitar bekas selama kondisinya masih baik.

Bingung soal model dan merk? Jangan kuatir, gitar dengan kisaran harga di atas tidak terlalu jauh berbeda dari segi kualitas terlepas dari model dan merk-nya. Yang paling penting adalah kamu puas dengan tampilannya dan nyaman saat menggunakannya. Jika kamu ada budget lebih, kamu bisa pilih gitar Fender.

Gitar Akustik dengan senar nilon

Versi ke-2 yang tersedia di pasaran adalah gitar akustik dengan senar nilon.

Gitar dengan senar nilon cocok untuk mereka yang ingin mempelajari gaya bermain gitar klasik atau Spanyol.

Gitar bersenar nilon juga ideal bagi mereka dengan style bermain memetik. Namun bukan berarti kamu tidak bisa fingerpick menggunakan gitar bersenar baja.

Biasanya, gitar pemula dengan senar nylon lebih murah ketimbang yang menggunakan senar baja.

Nah sekali lagi, bagi kamu yang masih pemula, jangan terlalu mempermasalahkan model dan merk.

Gitar Listrik

Dengan gitar listrik, kamu memerlukan amplifier beserta kabelnya.

Kami sarankan untuk memilih paket starter jika ingin membeli gitar listrik.

Jika kamu beli paketan, biasanya sudah termasuk strap, plectrum, lead dan yang paling penting adalah amplifier.

Ampli paketan ini biasanya tidak terlalu besar serta dilengkapi dengan beberapa setting-an seperti clean sound, dirty rock dan clean sound.

Bagi kamu yang left handed, pastikan kamu membeli gitar left handed. Akan tetapi, hanya karena kamu kidal, bukan berarti kamu harus membeli gitar kidal juga. Cobalah kunjungi toko alat musik seperti melodiamusik.com, dan tes beberapa gitar yang tersedia di sana.

Saat baru awal-awal belajar gitar, kamu pasti butuh petunjuk. Ada banyak cara untuk belajar dan salah satunya adalah dengan mempelajari cara bermain gitar secara online.