Langkah Menjaga Kucing yang Benar

maniakucing.com

Gambar cara merawat kucing

Kucing merupakan hewan yang sangat menggemaskan dengan bulunya yang tebal dan halus dan tingkahnya yang lucu tentu akan membuat kita tersenyum setiap hari

1. Beberapa Hal Yang Disediakan Untuk Kucing

Makanan

Dalam pemberian makanan kita perlu memperhatikan umur si kucing, jika kucing masih kecil maka kita dianjurkan untuk memberi dia makanan yang bertuliskan untuk kitten (kucing kecil). Untuk merk itu banyak sekali macamnya disetiap produk makanan kucing. Berlainan juga kandungan nutrisi didalamnya

Ukuran Makanan

Ukuran maknan ini berperan untuk ambil makanan. Tetapi bila ingin kamu ubah dengan botol sisa air minum dapat juga. Bergantung budjet berapakah. Cocokkan dengan potensi kamu ya, janganlah sangat memaksakan kehendak hingga bisa memberatkan diri kita sendiri.

Tempat Makan serta Minum

Ada yang jual tempat minum dan makan pada sebuah wadah dengan tempat lubang yang berlainan. Tempat yang semacam ini lebih efektif, karena bisa mengirit tempat serta ruangan. Janganlah lupa selalu untuk menyiapkan makanan serta minumnya ditempat itu, hingga saat kucing kamu lapar langsung bisa mencari makan itu.

Bak Pasir

Bak pasir ini dipakai untuk tempat pasir. Tempat ini mesti disiapkan untuk menolong kucing kamu supaya buang air besar ataupun buang air kecil pada tempatnya. Seperti WC/Toilet buat kita. Kucing juga perlu tempat untuk buang air. Jadi kucing anda tidak asal-asalan buang air besar ataupun buang air kecil.

Pasir

Pakai pasir spesial untuk kucing yang wangi ada aroma buahnya, bukan pasir untuk bangunan ya gan. Pasir spesial kucing ini dapat memiliki manfaat sendiri, yakni saat ada kotoran kucing dipasir itu, jadi kotoran itu akan menggumpal serta kering. Jadi tidak mudah berbau serta mudah untuk diambil. Umumnya pasir ini cuma untuk sekali pasir yang terkenanya, untuk membuangnya buang lah pasir yang bergumpal yang terserang kotoran kucing saja, apabila cuma pipis kucing cukuplah di rendam air serta dibikin bersih lantas dijemur.

Serokan Pasir

Serokan ini tentunya untuk ambil kotoran kucing yang telah menggumpal di bak pasir. Lalu kotoran itu dibuang. Dengan alat ini semakin lebih mempermudah kita dalam bersihkan tempat buang air kucing. Hingga tangan kita tidak kotor serta berbau tentunya, walau mesti mengatur tempat buang air kucing.

Shampo

Tidak ada ketidaksamaan dengan manusia, kucing juga perlu sampo untuk mandi serta digunakan juga untuk badanya. Sampo kucing umumnya digunakan satu minggu sekali. Tetapi berhati – hatilah dalam memandikan kucing. Ditambah lagi di bagian dekat mata.

Baby Oil serta Kapas

Baby Oil serta Kapas ini bermanfaat untuk bersihkan telinga kucing, juga bisa dengan cottonbat. Jaga kebersihan kucing kamu, ditambah lagi amu yang pelihara kucing di dalam rumah, bahkan juga tidur bareng dengan kucing. Mesti lebih ekstra menjaga kebersihanya.

Vitamin

Tidak hanya peralatan untuk keperluan tubuh kucing, ada pula vitamin yang butuh dikasihkan pada kucing. Vitamin ini berperan untuk kesehatan kulit serta bulu kucing.

Langkah menjaga kucing untuk pemula

Bila Anda seseorang pemula serta ingin tahu mengenai langkah menjaga kucing, berikut beberapa panduan basic yang pas buat anda.

Anak kucing memerlukan jumlahnya gizi 2x semakin besar dibanding dengan kucing dewasa. Walaupun jika kucing semakin besar membutuhkan nutrisi yang semakin besar tapi bukan berarti kalian memberi mereka makanan yang terlalu banyak. Jika umur sudah lebih dari 5 atau 6 minggu maka berikan dia makan 4 kali sehari.

Janganlah beri makanan anjing untuk kucing! karena makanan anjing tidak memiliki kandungan taurin, nutrisi yang diperlukan kucing untuk menahan peyakit jantung serta pandangan kabur.

Sesudah 8 – 10 bulan, Anda dapat membiasakannya untuk makan – makanan rumah seperti nasi serta susu. Rutinitas ini mesti Anda kerjakan semenjak awal.

Tak perlu memandikan kucing dengan teratur. Saat bulu kucing mulai bau, Anda ddapat memandikannya dengan air dingin. Air panas bisa mengakibatkan kerusakan bulu serta mengakibatkan iritasi kulit pada kucing, jadi janganlah sangat panas sebisa mungking hangat.

Sikat bulu kucing dengan teratur. Hal seperti ini bisa menghilangkan rambut mati, kuman serta bakteri pada bulu.

Ajak pergi keluar serta bermain dengannya. Pekerjaan fisik menolong perkembangan serta perubahan anak kucing dengan baik.

Bersikaplah tegas pada tingkah laku buruknya. Anda mesti berlaku tegas pada tingkah laku jelek yang ia perlihatkan. Dengan demikian, ia akan memahami mana yang baik serta jelek dapat juga membuat rutinitas baik pada kucing.

Vaksinasi. Vaksinasi harus dikerjakan dengan teratur untuk hindari virus serta penyakit. Karena itu, selekasnya berkonsultasilah dengan dokter hewan.

Menjaga kebersihan tubuhnya. Anda mesti rajin bersihkan gigi, telinga, serta kuku kucing. Sisi – sisi ini begitu rawan pada kuman serta bakteri.

Lebih Simpelnya semacam ini :

  • Jagalah kebersihan kandang serta bak pasir
  • Teliti suhu serta kelembaban ruangan
  • Lihat minuman dan makanan kucing
  • Jagalah kebersihan telinga, gigi, mata serta teratur potong kuku
  • Kerjakan periksa ke dokter hewan dengan teratur, vaksinasi, obat cacing
  • Grooming kucing atau memandikan kucing dan melakukan perawatan bulu
  • Jagalah jalinan baik dengan breeder tempat adopsi serta berkomunitas
  • Langkah Tahu Kucing Persia Yang Sakit

Tersebut Penjelasanya :

  • Kecapekan serta lesu
  • Susah buang kotoran
  • Menggelengkan kepala dengan berlebihan
  • Konsumsi air dengan berlebihan
  • Hasrat alami penurunan atau sebaliknya
  • Jadi lebih agresif serta hiperaktif
  • Berjalan pincang atau susah berdiri
  • Ada cairan yang keluar dari lubang tubuh
  • Ada anggota badan kucing yang bengkak
  • Berat tubuh naik maupun turun dengan mendadak

Bila kamu lihat dari salah satunya yang dijelaskan di atas, jadi cepatlah bawa serta kucing kamu ke dokter hewan. Karena hewan kamu perlu perawatan spesial. Supaya bisa di ketahui pemicu sakitnya, serta langkah mengobatinya. Untuk lebih lengkapnya bisa kalian kunjungi maniakucing.com.