Memandikan Kucing adalah salah satunya kegiatan yang harus dikerjakan untuk melindungi tubuh kita bersih serta terlepas dari kuman juga tidak terserang penyakit namun langkah memandikan kucing mesti cermat supaya kucing nyaman. Seperti manusia, kucing juga memang perlu untuk bersihkan diri dari kotora. Tidak hanya bersihkan, mandi dapat juga membuat bulu kucing jadi bersih, sehat serta bagus!

Umumnya si kucing akan bersihkan diri lewat cara menjilati tubuhnya kan? Namun hal tersebut tidak cukup untuk bersihkan kucing kita dari kotoran, jamur, kutu maupun bakteri yang bisa membuat kucing kesayangan kita sakit.

kucing.info

Gambar Cara Memandikan Kucing

Langkah memandikan kucing sebetulnya tidaklah terlalu susah, akan tetapi tentu ada masalah dikit seperti kucing berontak, mencakar, lalu takut air kita hingga kucing jadi galak serta sulit ditata, solusinya adalah sering-sering melatih kucing untuk dimandikan, minimum 1 minggu 2x bila kucing telah terlatih mandi jadi kucing akan ingin tetap mandi saat badanya terasa kotor, gatal atau risih serta sesudah kucing dimandikan jadi kucing semakin lebih kerap tidur serta enjoy kerjaanya cuma tidur dan makan karena kenyamanan kucing sesudah dimandikan.

Memang perlu diperhatikan

Panduan memandikan kucing ini khusus untuk kucing yang sudah besar atau berumur lebih dari 3 bulan, panduan ini bukan untuk kucing yang masih kecil atau bahkan baru lahir. Jika kucing kita sedang menyusui janganlah kita mandikan, jika kotor cukup dibersihkan dengan menyisir bulunya, karena jika kita memandikan kucing yang sedang hamil maka anak kucing akan rawan sakit.

Langkah Memandikan Kucing Sendiri di Rumah.

  • Menyiampkan alat mandi
  • Persiapan harus memandikan kucing
  • Ember berisi air hangat
  • Shampo kucing, BUKAN shampo manusia.
  • Bedak spesial kucing/Minyak wangi kucing
  • Sisir
  • Blower (baiknya gunakan ini di banding Hair Dryer)
  • Handuk
  • Cottonbuds
  • Handuk lembut/khusus

Opsional :

  • Baby Oil
  • Bedak Bayi (Pilihan bila tidak mempunyai bedak spesial kucing/minyak wangi)
  • Kanebo (pilihan handuk) /gombal

1. Langkah-Langkah memandikan kucing

Membasahi semuanya badan kucing

Pertama kali kita basahi dulu semuanya sisi badan si kucing dengan air hangat barusan dengan cara perlahan-lahan serta rata sampai ke kuli, tapi jangan pernah ke telinganya hingga sampai kemasukan air, sangat baik di basuk dengan tangan saja di kusuk.

Mulai memakai shampoo

Memandikan kucing memakai shampoo untuk bersihkan kutu kucing atau telurnya di bulu kucing.

Sesudah dibasahin tubuhnya, saat ini kita pakai shampoo spesial kucing yang telah disiapkan awal mulanya. Shampoin si kucing sampai rata ke semua badan, tetapi memang perlu diingat jangan pernah terkena mata, hidung serta mulut si kucing lucu yang paling disayangi anda.

Membilas

Janganlah lupa dibasuh bulu kucingnya ya, agar sampo serta kotoran yang ada di badan si kucing hilang. Kerjakan dengan air hangat barusan, lalu yakinkan tidak ada bekas shampoo di badan si kucing.

Keringkan bulu si kucing.

Setelah itu keringkan si kucing menggunakan handuk lembut yang bersih ya, gosok-gosok semuanya sisi badan si kucing dengan cara perlahan-lahan serta tentunya memakai handu itu dengan cara perlahan-perlahan. Kerjakan langkah ke 4 ini sampai si kucing kering.

Sesudah memakai handuk, untuk lebih cepat kering kamu dapat juga memakai Blower. Apaah menggunakan hair dryer bisa? Masih bisa, akan tetapi banyak kucing tidaklah terlalu senang. Jika kita menggunakan blower untuk mengeringkan si kucing tentu akan lebih cepat ketimbang dikeringkan menggunakan handuk atau dijemur dibawah sinar matahari.

Bersihkan telinga kucing

Sesudah kucing yang paling disayangi anda mandi, disarankan untuk bersihkan telinganya memakai Cottonbuds digabungkan dengan Baby oil atau Cottonbuds saja sebetulnya cukup sudah. Cara membersihkannya sama seperti membersihkan telinga pada manusia, kita harus pelan-pelan supaya tidak menyakiti kucing. Hal ini dilakukan agar telinga kucing tidak infeksi dan tidak terjadi koreng ketika kucing menggaruknya karena gatal.

2. Panduan memandikan kucing

Memotong kuku kucing

Sebisa mungkin potonglah kuku kucing sebelum dia dimandikan, hal ini dilakukan agar kita tidak terluka parah akibat cakaran kucing ketika memandikan. Akan tetapi janganlah dipotong sangat dalam sangat baik dengan cara rata serta tengah, jika kurang di kikir saja supaya tumpul dikit yang tentu tidak terlalu berlebih, kan kuku kucing dibutuhkan untuk pertahanan diri.

Menyikat untuk meratakan shampoo

Waktu mulai memandikan kucing dengan shampoo, kamu dapat memakai sikat spesial untuk meratakannya. Gosok saja bulu kucing dengan sikat itu dengan cara perlahan-lahan serta hati-hati. Ini mempunyai tujuan untuk bulu kucing yang rontok serta menggumpal dapat di keluarkan hingga tidak menggumpal dengan yang lain.

Tahu waktu yang tepat

Kapan sich waktu yang bagus untuk memandikan kucing yang paling disayangi anda? Ini sebetulnya bergantung. Jika kucing kamu tampak begitu kotor atau ditambah lagi banyak kutunya sangat baik selekasnya dimandikan.

Pada umumnya, kucing dimandikan satu minggu sekali supaya masih melindungi kebersihan, kesehatan serta tingkatkan kelucuan si kucing ya!

Lebih kucing dimandikan sendiri didalam rumah daripada di b, memandikan di petshop + vaksin saja harga nya telah lebih dari 100 Ribu rupiah. sayang uangnya. Jika anda mempunyai banyak uang sangat baik saya saja yang memandikan kucing anda hehe.

Dari beberapa cara di atas menurut kucing.info, kita bisa menyimpulkan jika memandikan kucing sebetulnya tidak sesulit yang kita pikirkan. Cuma perlu ketelatenan, keberanian (jika kucing geram) serta sabar. Mudah-mudahan kamu dapat lebih cepat mahir untuk memandikan kucing dengan baik serta benar jadi kamu akan mendapat sensasi yang tidak tersangka dengan memandikan kucing!