Air Terjun Seweru, Desa Kare, Madiun – Madiun yang mendapat gelar City Girl ternyata memiliki daya tarik air terjun yang sangat menarik, yaitu Air Terjun Seweru. Ada beberapa nama lain untuk Seweru, seperti Air Terjun Serondo, Slampir dan Kedung Malem. Air terjun yang memiliki dua aliran sangat potensial untuk menjadi salah satu ikon Kota Madiun, terutama kondisi yang masih perawan dan indah.

Wisata Air Terjun Seweru Madiun yang Menawan

Sejarah Air Terjun Seweru Madiun

Air terjun Seweru ditemukan 25 tahun yang lalu oleh penduduk setempat, Abi Ismani, secara tidak sengaja, namun seakan-akan Seweru tersesat dengan menyapu keindahan Gunung Wilis karena medannya cukup sulit. Tapi, sebenarnya ada cerita unik tentang Air Terjun Seweru, legenda Mbah Malem yang dianiaya dan diasingkan di daerah tersebut. Legenda Mbah Malem telah dikenal sejak beberapa abad yang lalu, namun warga tidak berpikir bahwa ada air terjun yang terbentuk di tempat itu.

Menurut cerita, air terjun Seweru memiliki ketinggian sekitar 30 meter. Itu membuatnya terlihat dari kejauhan. Ada juga dua air terjun dengan ketinggian yang sama, hampir persis sama dan tatap muka. Itulah yang membuat air terjun dengan nama lain Kedung Malem dianggap unik.

Air Terjun Seweru mulai dikenal banyak orang setelah pemuda taruna lokal menjelajahinya lebih jauh. Saat ini pemerintah Kabupaten Madiun akan menjadikan air terjun sebagai daya tarik andalan dengan kealamian. Apabila kalian ingin mengetahui artikel menarik wisata lainnya silahkan kunjungi yukpiknik.id.