Saat tengah memandikan si Kecil, mendadak Anda lihat ada benjolan di sekitaran pusar atau alat kelaminnya. Benjolan itu mungkin saja hernia. Hernia yaitu keadaan saat organ pada badan ada diluar dari tempat yang harusnya. Hal tersebut karena otot-otot alami kelainan hingga tidak kuat menahan organ itu.

Siapapun dapat terserang hernia, termasuk juga bayi Anda. Type hernia pada bayi biasanya yaitu hernia umbilikus serta hernia inguinalis. Keduanya tidak beresiko, tetapi bila tidak ditanggulangi dapat beresiko jelek. Lalu bagaimana caranya mendeteksi keadaan ini?

Mengecek Semua Bagian Tubuh bayi untuk Menghindari Hernia

Mencari Hernia Umbilikus pada Bayi
Langkah awal mendeteksi bayi Anda mempunyai hernia umbilikus yaitu dengan lihat daerah pusarnya. Tanda-tanda bayi yang mempunyai hernia type ini yaitu ada benjolan lunak pada pusar atau tampak membengkak, terlebih saat si Kecil menangis, batuk, atau mengejan waktu buang air besar.

Keadaan ini biasanya seringkali berlangsung pada bayi prematur atau mempunyai berat tubuh rendah saat dilahirkan. Hernia umbilikus bisa menyerang bayi wanita serta bayi lelaki. Tetapi hernia type ini seringkali diketemukan pada bayi wanita. Jadi anda harus benar-benar menjaga bayi yang prematur karena perawatan bayi prematur berbeda dengan bayi normal begitu pun dengan perlengkapan bayi baru lahir yang harus disiapkan.

Hernia umbilikus pada intinya tidak sakit serta tidak beresiko. Benjolan ini juga dapat menghilang dengan sendirinya tanpa ada perawatan medis. Umumnya benjolan ini menghilang sebelumnya bayi berumur 1 th.. Tetapi ada juga yang masih tetap memilikinya sampai umur 5 th.. Hernia umbilikus berlangsung karena otot-otot perut yang tidak berhasil menyatu hingga meninggalkan cela untuk organ dalam untuk menonjol keluar.

Deteksi Hernia Inguinalis pada Bayi
Hernia inguinalis dikarenakan oleh beberapa usus yang menjulur dari rongga perut bawah serta mencuat ke daerah sekitaran alat kelamin. Keadaan ini bisa menyerang bayi lelaki serta wanita. Tetapi masalah hernia inguinalis semakin banyak diketemukan pada bayi lelaki, terlebih yang lahir prematur.

Untuk ketahui apakah bayi lelaki Anda mempunyai hernia inguinalis yaitu dengan memperhatikan ruang alat kelaminnya. Cobalah saksikan adakah tonjolan sebesar ibu jari pada selangkangan atau kantong zakar bayi, terlebih saat dia tengah menangis atau aktif bergerak. Bila benar sekian, jadi bayi Anda mempunyai hernia inguinalis.

Sesaat pada bayi wanita juga akan tampak tonjolan berupa persegi panjang di selangkangan atau labia.

Si Kecil berisiko terserang keadaan ini bila Anda sempat mempunyai kisah penyakit hernia inguinalis pada saat lampau.

Perlakuan Hernia pada Bayi
Saat Anda terasa tanda-tanda hernia tampak pada bayi Anda, Anda dapat segera membawa si Kecil ke rumah sakit. Dokter juga akan mengecek apakah benjolan itu adalah hernia atau bukanlah.

Bila bayi Anda mempunyai hernia umbilikus, Anda tidaklah perlu cemas karna type ini tidak beresiko serta bisa hilang dengan sendirinya. Tetapi bila benjolan itu tidak hilang sampai si Kecil berumur 5 th., jadi peluang jalan operasi mesti diambil.

Jalan itu harus juga diperhitungkan bila benjolan itu menyakiti bayi Anda atau benjolan pada tali pusar bayi Anda disertai oleh pembengkakan kronis atau teksturnya beralih jadi keras.

Berlainan bila bayi Anda mempunyai hernia inguinalis. Type ini tidak dapat hilang tanpa ada pertolongan operasi. Operasi dikerjakan manfaat hindari benjolan jadi bertambah besar, memiliki tekstur keras, serta menghitam. Bila dilewatkan, hal semacam ini dapat mengakibatkan kerusakan jaringan pada badan dengan permanen.

Tidak seperti orang dewasa, bayi Anda belum juga dapat menyebutkan bila ada sisi badannya yg tidak normal. Oleh karena itu, Anda yang perlu tekun memperhatikan keadaan si Kecil, salah nya ialah dengan mendeteksi hernia pada bayi. Awasi selalu perubahan badan bayi Anda, bila Anda terasa ada yang janggal, segera tanyakan pada dokter.