Danau Cisanti Bandung – Danau atau Situ Cisanti berada di hulu sungai Citarum, sungai terbesar di Jawa Barat, yang dijadikan objek wisata. Danau ini berada di tengah hutan Eucalyptus dan cukup tinggi, beberapa meter di atas permukaan laut.

Kesejukan Alam Danau Cisanti Bandung

Danau Cisanti yang terletak di Tarumajaya, Kertasari, Kabupaten Bandung terletak di kaki Gunung Wayang dan sekarang masuk di daerah Perum Perhutani. Selain berfungsi sebagai objek wisata, Danau Cisanti juga memiliki peran yang cukup penting bagi kehidupan masyarakat yang disebut ‘nadi Jawa Barat’ oleh masyarakat Bandung.

Legenda dan Mitos Tentang Situ Cisanti

Danau Cisanti adalah sejarah sejarah kolonial hingga penjajahan dulu. Pasalnya, danau tersebut dulunya merupakan tempat persinggahan Dipatiukur, seorang Priana bupati Priangan di abad ke-17. Pada tahun 1628, Dipatiukur melakukan perintah melawan Belanda di Batavia. Tapi, sayang saat itu Dipatiukur hilang karena dikhianati oleh pimpinan masyarakat Sunda lainnya.

Menurut kabar yang beredar, pada abad ke 5 Bujangga Manik putra Raja Padjajaran juga mengunjungi Danau Cisanti saat melakukan perjalanan untuk mengunjungi beberapa tempat suci di Jawa dan Bali. Bujangga Manik melakukannya dengan berjalan kaki sendirian. Apabila kalian ingin mengetahui lebih banyak informasi tentang wisata menarik untuk berlibur silahkan kunjungi yukpiknik.id.