Bisakah Anda memainkan game PS2 dan PS3 di PS4? Kami menjelaskan kompatibilitas mundur PS4, dan menunjukkan kepada Anda bagaimana Anda dapat menikmati game-game lama di konsol terbaru Sony.

Oleh Lewis Painter | 02 Mei 2018

PS4 dan PS4 Pro adalah dua konsol yang paling populer di pasar saat ini bersama dengan orang-orang seperti Xbox One X dan Nintendo Switch – tetapi bagaimana jika Anda ingin memainkan game PS2 dan PS3 lama Anda (tapi sama baiknya)?
Di sini, kami menjelaskan situasi kompatibilitas mundur saat ini dengan Sony PS4, dan menunjukkan bagaimana gamer dapat menikmati judul PS2 dan PS3 di konsol.
Tertarik dengan game yang lebih baru? Lihatlah game PS4 terbaik tahun 2018.
Bisakah saya memainkan game PS2 & PS3 saya di PS4 game mobile saya?
Sayangnya, jawabannya, tidak – bukan dengan menempatkan disk di konsol.
Meskipun Anda tidak dapat menggunakan disk game PS3 di konsol saat ini (seperti halnya dengan PS3 generasi pertama dengan judul PS3), Anda dapat melakukan streaming judul lama melalui layanan Sony PlayStation Now milik Sony, tersedia di Inggris, AS dan segelintir negara lain.
Xbox One menawarkan kompatibilitas mundur – mengapa tidak PS4?
Tidak seperti Sony, Microsoft menawarkan kompatibilitas mundur dengan Xbox One untuk hampir 500 Xbox 360 judul. Anda dapat memasukkan disk jika Anda sudah memiliki game atau membeli game secara online melalui toko online Microsoft. Ini adalah cara alami bagi konsol untuk menawarkan fungsionalitasnya, dan merupakan titik penjualan besar di atas PS4. Anda dapat melihat perbandingan Xbox One S vs PS4 kami di sini.
Namun, kepala Sony PlayStation Eropa Jim Ryan mengatakan dalam wawancara Juni 2017 bahwa meskipun kompatibilitas mundur banyak diminta oleh para gamer, itu tidak benar-benar digunakan sangat PUBG sering.
“Ketika kami telah mencoba kompatibilitas mundur, saya dapat mengatakan itu adalah salah satu fitur yang banyak diminta, tetapi tidak benar-benar digunakan,” kata Ryan, berbicara kepada Time. “Itu, dan saya berada di acara Gran Turismo baru-baru ini di mana mereka memiliki game PS1, PS2, PS3 dan PS4, dan PS1 dan game PS2, mereka terlihat kuno, seperti mengapa ada yang memainkan ini?”

Mainkan game PS2 dan PS3 menggunakan PlayStation Now
Meskipun Anda tidak dapat memainkan game PS2 dan PS3 lama di PS4 menggunakan cakram lama, ada opsi lain yang tersedia: PlayStation Now.
Meskipun PlayStation Now tidak sama dengan kompatibilitas mundur Xbox One, itu mirip aplikasi GeForce Now Nvidia, yang memungkinkan para gamer untuk melakukan streaming pustaka game dari jarak jauh melalui internet.
Subscription Sony PlayStation Now memberi para gamer akses ke pustaka game PS2, PS3, dan PS4 yang tersedia hampir secara instan berkat streaming. Bahkan, Sony mengklaim bahwa ada lebih dari 600 judul yang bisa dipilih. Permainan streaming menawarkan manfaat termasuk tidak ada unduhan awal dan kemajuan yang disinkronkan antar konsol, sehingga mungkin menarik bagi sebagian orang.

Layanan streaming tersedia untuk PS4 dan PC, dan akan menetapkan pelanggan potensial kembali £ 12,99 per bulan di Inggris – meskipun itu akan memberi Anda akses tak terbatas ke semua 600+ judul dari hari pertama.
Untuk informasi lebih lanjut tentang layanan streaming Sony, lihat penjelasan kami: Apa itu PlayStation Sekarang?Cara Merekam Gameplay PC Dengan DVR Game dan Game Bar Windows 10
oleh Chris Hoffman pada 22 Juni 2015

Windows 10 menyertakan alat bawaan untuk merekam video game PC. Anda dapat mengunggah rekaman permainan ke YouTube atau situs berbagi video lainnya – atau cukup simpan klip tersebut di PC Anda dan bagikan dengan teman-teman Anda.

Anda dapat melakukan ini dengan “Game Bar,” yang merupakan bagian dari fitur “Game DVR” yang ditawarkan oleh aplikasi Xbox. Windows 10 juga mencakup pintasan keyboard yang dapat disesuaikan untuk merekam video dan menangkap screenshot.

Buka Game Bar

TERKAIT: Windows 10 Hampir Sampai di Sini: Inilah Yang Harus Anda Ketahui

Untuk membuka Bilah Game saat bermain game, tekan Windows Key + G. Ini akan muncul di atas gim yang Anda mainkan. Jika Anda menekan Windows Key + G saat Windows mengira Anda tidak memainkan game, Windows akan menanyakan apakah Anda benar-benar ingin membuka bilah game.

Anda mungkin perlu memainkan game PC dalam mode berjendela untuk melihat bilah game, jadi coba tetapkan game Anda ke mode berjendela jika Anda tidak melihatnya.

Bilah Game berisi ikon untuk membuka aplikasi Xbox dengan cepat, mengontrol rekaman latar belakang, mengambil screenshot, merekam video gim, dan mengakses pengaturan.

Rekam Video Gameplay

Untuk merekam video, buka Game Bar dengan Windows Key + G dan kemudian klik tombol rekam berwarna merah. Pengatur waktu akan muncul di sudut kanan atas jendela permainan Anda saat sedang merekam.

Untuk berhenti merekam jendela, buka kembali Bilah Game dan klik tombol berhenti merah.

Anda juga dapat memulai dan menghentikan perekaman dengan Windows Key + Alt + R. Jika Anda ingin menyembunyikan atau menampilkan timer, tekan Windows Key + Alt + T. Ini adalah pintasan keyboard default – Anda dapat mengubahnya di aplikasi Xbox .

Ambil Screenshot Game

Gunakan Bilah Game untuk mengambil tangkapan layar dengan cepat dengan mengeklik ikon tangkapan layar di pusat bilah game. Atau, tekan Windows Key + Alt + Print Screen untuk mengambil screenshot dari game saat ini.

Temukan Video dan Tangkapan Layar Anda

Windows menyimpan semua video yang Anda rekam dan tangkapan layar yang Anda ambil ke folder Video \ Captures akun pengguna Anda. Video disimpan sebagai file .mp4 dan tangkapan layar disimpan sebagai file .png, masing-masing diberi tag dengan nama permainan dan tanggal serta waktu Anda mengambilnya.

Anda juga dapat mengakses ini di aplikasi Xbox. Buka aplikasi Xbox dari menu Start Anda dan klik ikon “Game DVR” di sisi kiri aplikasi untuk mengakses bagian Game DVR. Anda akan melihat daftar yang diurutkan dari semua tangkapan tangkapan dan video di bawah “Pada PC ini.” Anda dapat melihat dan menontonnya dari dalam aplikasi Xbox.