Sebagaimana Anda ketahui, bahwa berbakti kepada kedua orang tua adalah suatu keniscayaan bagi seorang anak. Banyak cara yang dapat dilakukan untuk menunjukkan rasa bakti tersebut, misalnya dengan bertutur kata yang sopan saat berbicara dan mendengarkan setiap nasihat yang diberikan. Tentunya hal ini dapat dilakukan jika mereka masih hidup. Lalu bagaimana jika mereka telah wafat? Nah berikut ini 3 Cara Berbakti Pada Orang Tua yang Sudah Meninggal yang dapat Anda lakukan.

  1. Memintakan Ampunan Bagi Mereka

Cara pertama yang dapat dilakukan untuk berbakti kepada orang tua Anda yang telah wafat adalah dengan berdoa meminta ampunan bagi keduanya. Setiap kali Anda mendirikan shalat dan melakukan ibadah apa pun, maka jangan lupa menyelipkan doa ampunan bagi kedua orang tua Anda. Paling tidak mereka dapat terhindar dari azab kubur menjelang datangnya hari kiamat.

  1. Berziarah Secara Rutin Ke Makam Mereka

Cara Berbakti Pada Orang Tua yang Sudah Meninggal lainnya yang dapat Anda lakukan adalah dengan rutinĀ  berziarah ke pemakaman kedua orang tua Anda. Berziarah mungkin terbilang hal sepele, namun tidak banyak orang yang dapat melakukannya. Bagi mereka yang telah sibuk dengan urusan dunia, terkadang lalai dengan hal satu ini. Oleh sebab itu, jika Anda memang ingin menunjukan rasa bakti kepada kedua Ibu/ Bapak Anda, maka sempatkanlah waktu luang untuk berziarah ke kuburan mereka.

  1. Bersedekah yang Dihadiahkan Kepada Mereka

Selanjutnya Anda juga dapat menunjukan rasa bakti kepada orang tua yang dicinta dengan bersedekah atas nama mereka. Maksudnya ketika Anda menyedekahkan sebuah barang, maka niatkan pahalanya diberikan kepada kedua orang tua Anda. Paling tidak hal itu akan menjadi pemberat timbangan kebaikan mereka di hadapan Allah SWT.

Di samping beberapa cara di atas, berbakti kepada orang tua yang telah meninggal dunia dapat pula diwujudkan dengan senantiasa menjaga nama baik keduanya. Hal ini dapat Anda lakukan dengan senantiasa berperilaku baik dalam keseharian Anda. Sehingga Anda dikenal sebagai orang yang soleh dan juga menjadi bukti bahwa kedua Ibu/ Bapak Anda telah memberikan didikan yang baik. Demikianlah, semoga Cara Berbakti Pada Orang Tua yang Sudah Meninggal di atas dapat diaplikasikan dalam kehidupan Anda masing-masing.