Jaringan komputer adalah sistem jaringan dengan media transmisi sehingga beberapa komputer yang terhubung ke media dapat saling berhubungan satu sama lain dan dapat berbagi data. Jaringan komputer memiliki banyak manfaat seperti:

Baca juga : Listening IELTS, IELTS Writing dan Speaking IELTS

Berbagi informasi
Melalui jaringan komputer, pengguna komputer bisa berbagi ide dan informasi bahkan di lokasi terpencil. Dengan begitu, jaringan komputer memungkinkan pengguna komputer untuk menggabungkan keahlian dan keahlian mereka sehingga lebih efisien dan produktif dalam pekerjaan mereka.
Pengguna komputer pada satu jaringan komputer dapat menyimpan atau mengambil informasi apapun (teks, gambar, suara, atau video) yang ada pada komputer manapun di jaringan.

Hemat biaya dan waktu
Jaringan komputer membantu perusahaan atau organisasi menghemat pengeluaran untuk perangkat keras dan menghemat waktu dalam pemeliharaan sistem komputer. Misalnya, perusahaan tidak perlu membeli printer untuk setiap komputer. Perusahaan hanya membeli printer yang bisa dengan mudah diakses oleh komputer di jaringan.
Pemeliharaan sistem komputer hanya bisa dilakukan dari satu lokasi saja dan termasuk pemeliharaan semua sistem komputer yang terhubung. Jadi jangan buang waktu memeriksa sistem komputer satu per satu.

Memfasilitasi urusan perusahaan internal
Dengan jaringan komputer, urusan perusahaan internal dapat diatasi dengan lebih efisien. Misalnya, pengaturan pertemuan. Perusahaan dapat menggunakan perangkat lunak yang dapat diakses oleh setiap karyawan di berbagai lokasi untuk memasukkan jadwal masing-masing. Oleh karena itu, ketika perusahaan ingin mengadakan rapat, perangkat lunak akan menemukan jadwal yang benar agar semua karyawan dapat hadir. Rapat tidak harus dihadiri oleh karyawan secara fisik.
Jaringan komputer dapat memfasilitasi telekonferensi sehingga perusahaan tidak perlu mengeluarkan biaya transportasi untuk pekerja jarak jauh. Beberapa karyawan dapat bekerja sama dalam satu proyek secara real time walaupun mereka berada di lokasi yang berbeda. Bisnis perusahaan dalam dapat dipecahkan dengan cara dan waktu yang lebih praktis dan hemat biaya berkat jaringan komputer. Akibatnya, produktivitas perusahaan akan meningkat. Itulah 3 manfaat jaringan komputer bagi perusahaan.