Mulai sejak dulu, Propinsi Maluku di kenal jadi propinsi penghasil beberapa musisi memiliki bakat kelas dunia. Bahkan juga ibu Propinsi Maluku sendiri, yakni Ambon memiliki julukan ” City of Music ” yang ini berarti Kota musik. Hal semacam ini pastinya menunjukkan kalau orang-orang di Propinsi Maluku memanglah memiliki kecintaan pada nilai seni yang begitu tinggi, terlebih dalam seni musik. (Sumber : alatmusik.org)

Alat Musik Tradisional Maluku

Alat Musik Tradisional Maluku

Gambar Alat Musik Tradisional Maluku

Nah, apabila dirunut lebih jauh sekali lagi, kalau kecintaan mereka pada seni musik dapat juga dibuktikan dengan beragam ragamnya alat musik tradisionil yang seringkali dimainkannya, bahkan juga hingga sekarang ini. Apa saja alat musik tradisionil Propinsi Maluku itu?

Di bawah ini 8 alat musik tradisionil dari Maluku :

1. Arababu

Arbabu adalah alat musik rebab ciri khas Maluku yang terbuat dari beberapa bahan alam serta begitu simpel. Alat musik ini sama dengan alat musik rebab biasanya, yaitu dimainkan lewat cara digesek memakai alat spesial. Arbabu terbuat dari tempurung kelapa, kulit hewan, kayu, sesaat pada dawainya terbuat dari serat pohon pisang.

2. Fu atau Tahuri atau Korno

Tahuri atau yang didalam kebudayaan Papua dimaksud dengan ” Fu ” ini adalah alat musik tiup yang terbuat dari kerang. Alat musik unik ini bisa hasilkan bunyi yang begitu nyaring. Biasanya Tahuri dimainkan saat tengah mulai satu perlombaan atau acara. Jaman dulu, alat musik ini dipakai orang-orang pesisir jadi alat komunikasi di antara orang perseorangan atau pada raja dengan beberapa rakyatnya. Sebagian orang-orang pesisir di Kepulauan Maluku juga mengatakannya alat musik ini dengan nama ” Korno “.

3. Tifa

Tifa adalah alat musik tradisionil dari Maluku yang dikenal juga juga di Papua dengan nama yang sama. Bentuk dari tifa ini yakni seperti gendang panjang serta juga akan hasilkan nada ritmis saat dimainkan. Tifa termasuk juga kedalam alat musik perkusi yang dimainkan sewaktu acara pesta serta dipakai jadi pengiring tari-tarian.

Alat musik tifa terbuat dari kayu dengan sisi ujungnya yang makin meruncing. Karna memiliki bentuk ini, tifa hasilkan nada ketipung yang begitu nyaring. Ditambah dengan terdapatnya membran yang terbuat dari kulit kambing, tifa jadi alat musik harus selalu untuk ada jadi pengiring. Yang membedakan alat musik tifa Maluku dengan tifa Papua yaitu terdapat pada bentuk ukirannya. Tifa dari Maluku biasanya polos tanpa ada ukiran, disamping itu tifa dari Papua sarat dengan hiasan etnik.

4. Totobuang

Totobuang didalam bhs Indonesia ini berarti tetabuhan. Alat musik tradisionil Propinsi Maluku ini berbentuk satu gong kecil yang terbuat berbahan logam kuningan. Ada 12 hingga 14 gong didalam totobuang dengan ukuran yang tidak sama serta masing-masingnya juga akan hasilkan bebrapa suara melodis saat dipukul dengan memakai kayu. Totobuang tidak sering sekali dimainkan dengan tunggal. Alat musik ini juga kadang berfungsi sebagai pengiring untuk Alat Musik Tradisional Maluku lainnya.

5. Tifa Totobuang

Tifa Totobuang yaitu alat musik tradisionil yang berasal datang dari 2 (dua) nama alat musik tradisionil Propinsi Maluku, yakni tifa serta totobuang. Tifa adalah alat musik jam yang mirip gendang dan memiliki selaput jam yang terbuat dari kulit. Sedang alat musik Totobuang yakni alat musik melodis yang mempunyai bebrapa suara dan berupa seperti satu diantara alat musik tradisionil gamelan jawa, yakni Gong.

Walau tifa serta totobuang ini adalah 2 (dua) alat musik dengan latar belakang yang berlainan, tetapi bila ke-2 alat musik ini dipadukan, jadi juga akan hasilkan kombinasi indah untuk didengarkan. Umumnya ke-2 alat musik tradisionil ini memanglah senantiasa dimainkan didalam satu harmonisasi berbarengan, sebab tersebut kerjasama ini diberi nama dengan nama Tifa Totobuang.

6. Jukulele

Sebenarnya alat musik Jukulele merupakan jelmaan alat musik dari negara portugis. Sebagian besar bahan untuk membuat alat musik ini di ambil dari alam, contohnya ada dari batok kelapa, kayu, kulit kambing, dan juga senar nilon. Langkah memainkan jukulele yaitu dengan langkah dipetik. Jukulele juga akan mengasilkan bebrapa suara melodis, hingga bunyinya juga akan terdengar begitu indah. Karena hal itu lah jukulele sering sekali digunakan untuk mengiringi musik-musik yang memiliki aliran seperti keroncong atau bahkan hawaian.

7. Rumba

Rumba adalah alat musik tradisionil dari Propinsi Maluku yang terbuat dari batok kelapa dan kayu jadi pegangannya. Cara memainkan alat musik ini sebenarnya sangat mudah yaitu hanya menggoyang-goyangkannya saja sesuai irama sehingga nanti pasir atau kerikil yang didalam akan menghasilkan suara. Kata-katanya Rumba berasal dari kebudayaan Cuba yang dibawa oleh bangsa portugis ketika sedang mengunjungi Maluku. Hal ini dibuktikan dengan adanya alat musik yang sejenis dan berumur sama yang ditemukan disana.

8. Hawaian

Hawaian sesungguhnya tidak termasuk juga ke alat musik tradisionil. Gitar yang dimainkan dengan memerlukan aliran listrik ini memiliki peranan sama dengan gitar listrik. Delapan buah dawainya saat dipetik juga akan hasilkan bebrapa suara melodis yang begitu indah. Karena hal tersebutlah alat musik ini yang aslinya dari Eropa tidak bisa terpisahkan dari kebudayaan orang Maluku.